Camping Di Gunung Indonesia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang luar biasa dan memiliki banyak lokasi camping yang indah. Dari pegunungan yang spektakuler hingga pantai yang mempesona, ada banyak pilihan camping di gunung sebagai penginapan alami untuk para pecinta alam di negeri tercinta ini.

camping di gunung

Ada berbagai jenis gunung dan perbukitan di Indonesia yang dapat dijadikan tempat camping untuk berpetualang ataupun sekedar bersantai. Tentunya memilih lokasi camping di gunung haruslah cermat, baik dari segi perlengkapan camping hingga mental untuk mendaki. Ini menyesuaikan jenis gunung dan kemampuan camper dalam mendaki gunung tersebut.

Camping di Gunung Bromo

gunung bromo di jawa timur

Masing-masing pulau di Indonesia memiliki tujuan wisata untuk camping gunung. Di pulau Jawa misalnya, salah satu lokasi camping populer adalah Gunung Bromo, yang merupakan salah satu gunung berapi aktif terkenal di Indonesia. Ini adalah tempat yang sempurna untuk camping dan menikmati pemandangan matahari terbit yang indah.

Camping di Bukit Nampo Bali

bukit nampo Bali

Di pulau lain seperti Bali misalnya, salah satu lokasi camping populer adalah di Bukit Nampo. Lokasi camping ground ini ada di daerah Karangasem. Campground di Bukit Nampo sedikit berbeda dibanding wisata pantai yang lebih terkenal di Bali . Di tempat ini, anda akan disuguhkan pemandangan alam hijau Pulau Dewata dari ketinggian 795 meter.

Pemandangan di sini akan semakin mengagumkan baik saat matahari terbenam ataupun saat matahari terbit. Banyak yang bilang bukit ini adalah Bukit Surga karena pemandangannya yang indah dan menakjubkan.

Camping di Bukit Barisan

bukit barisan sumatera selatan

Keluar pulau Jawa terdapat Pulau Sumatra. Di pulau Sumatra, salah satu lokasi camping populer adalah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya, termasuk hutan hujan tropis dan gunung-gunung yang mempesona. Ini adalah tempat yang sempurna untuk berkemah dan berpetualang di alam.

Camping di Pegunungan Jawa Barat

Jawa Barat merupakan surga bagi pecinta alam berupa gunung. Ini karena banyaknya gunung yang indah dan menantang di bagian barat pulau Jawa ini. Jawa Barat merupakan lokasi yang paling dekat dari Jakarta, salah satu kota besar yang ada di Indonesia, sehingga menjadi salah satu tujuan untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk kota. 

Dua buah gunung yang paling dekat dengan Jakarta adalah Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak. Puncak Bogor sendiri berada di area Gunung Gede Pangrango, lokasi yang sangat pesat berkembang sebagai destinasi wisata alam yang kerap dikunjungi warga Jakarta dan di sekitarnya untuk berakhir pekan.

 

camping di gunung gede pangrango

Gunung Salak merupakan kompleks gunung berapi yang terletak di selatan Jakarta. Kawasan rangkaian gunung ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Salak memiliki daya tarik sendiri bagi para pendaki ataupun para camper. Topografi dan kontur gunung yang terjal menjadi keindahan tersendiri bagi para pecinta camping gunung.

gunung salak di jawa barat

Gunung salak juga memiliki banyak spot untuk camping. Dengan kontur yang terjal, gunung salak secara alami membentuk aliran air berupa curug atau air terjun. Maka tidak heran di Gunung Salak banyak sekali air terjun di setiap daerahnya. Curug-curug inilah yang menjadi tujuan wisata alam ataupun lokasi camping di gunung Salak.

Diantara berbabagi tempat yang ada di Gunung Salak mungkin yang paling terkenal adalah kawasan wisata Desa Cidahu. Desa ini menjadi desa wisata dengan pemandangan alam yang indah. Desa ini cenderung menjadi desa wisata camping ground karena lokasinya merupakan tempat camping ramah keluarga. Di desa wisata Sukabumi ini banyak terdapat Cidahu camping ground , diantaranya adalah Javana Spa, Camp Bravo, Bhumi Cantigi, Purnama 77, dan juga Camp Nusantara. 

Daftar Gunung di Jawa Barat

Untuk para pecinta camping gunung terutama di Jawa Barat, ini adalah daftar gunung yang bisa dijadikan lokasi camping bersama keluarga ataupun teman-teman..

  1. Gunung Galunggung (1.820 mdpl)
  2. Gunung Pangrango (3.019 mdpl)
  3. Gunung Papandayan (2.665 mdpl)
  4. Gunung Salak (2.211 mdpl)
  5. Gunung Tampomas (1.684 mdpl)
  6. Gunung Tangkuban Parahu (2.084 mdpl)
  7. Gunung Ciremai (3.078 mdpl)
  8. Gunung Cikuray (2.821 mdpl)
  9. Gunung Halimun (1.929 mdpl)
  10. Gunung Malabar (2.343 mdpl)
  11. Gunung Guntur (2.249 mdpl)
  12. Gunung Tilu (1.154 mdpl)
  13. Gunung Wayang (2.182 mdpl)
  14. Gunung Bongkok (2.050 mdpl)
  15. Gunung Bukit Tunggul (2.209 mdpl)
  16. Gunung Burangrang (2.0050 mdpl)
  17. Gunung Kancana (1.210 mdpl)
  18. Gunung Manglayang (1.818 mdpl)
  19. Gunung Munara (367 mdpl)
  20. Gunung Patuha (2.434 mdpl)
  21. Gunung Sanggabuana (1.291 mdpl)
  22. Gunung Cakrabuana (1.721 mdpl)
  23. Gunung Subang (1.206 mdpl)
  24. Gunung Talaga Bodas (2.201 mdpl)

Follow Us..

QUESTIONS?

Punya pertanyaan atau ingin informasi lebih lanjut?

5/5 - (3 votes)
Phone icon
0812 1202 2787
WhatsApp icon
WHATSAPP